-->

Cara cepat memasang balon lampu di motor mio soul

- Friday, August 10, 2018
advertise here
advertise here
Motor mio soul merupakan kendaraan yang diproduksi oleh produsen otomotif ternama yaitu yamaha. Sangat nyaman untuk dikendarai diaerah perkotaan maupun di daerah perdesaan. Baik pria maupun wanita cocok untuk menggunakannya. Tetapi dibalik kenyamanan yang ditawarkan oleh motor mio soul ini, terkadang terjadi kerusakan dibeberapa komponen kendaraan. Hal ini wajar, apabila penggunaan yang kurang baik, maupun kendaraan yang telah termakan masa pemakainnya. Tak ubah halnya dengan komponen balon lampu pada motor mio tersebut. Nah sebelum mengetahui cara memasang balon lampu pada motor mio soul, alangkah baiknya jika teman-teman mengetahui penyebab kerusakan komponen balon lampu pada motor tersebut di bawah ini :
  • Umur balon lampu yang telah lama, lebih dari 2 tahun.
  • Sistem kelistrikan yang tidak stabil.
  • Suhu yang berubah-ubah.
  • Terjadi kebocoran pada kaca lampu bagian luar.
  • Terkena panas dan hujan secara langsung.
  • balon lampu tidak ori.

Alat dan Bahan :
  • Balon lampu mio soul ( Ori 25-45 rb, biasa 15 rb ), warna cahaya kuning.
  • Obeng bunga.

Setelah mengetahui bebeberapa penyebab balon lampu motor mio soul mati dan bahan serta alat yang diperlukan, sekarang kita praktekan bagaimana cara memasang balon lampu pada motor mio soul berikut ini :

1. Lepaskan moor yang terdapat pada body  motor
moor ini terletak pada bagian tengah motor mio soul, tepatnya diarea bawah kepala motor. Teman-teman hanya perlu menggunakan jenis obeng bunga saja. Lepaskan moor tersebut satu persatu, dan jangan lupa untuk menyimpannya pada suatu wadah kecil, agar tidak terbuang atau tercecer, karena bentuknya yang cukup kecil.

2. Lepas body bagian tengah.
Cara melepaskannya cukup mudah, setelah moor dilepas semua pada bagian body tengah motor mio soul seperti uraian di atas, teman-teman cukup manariknya keluar dengan cara melepaskan pengait-pengait pada bagian tepi body. Lakukan penarikan dengan hati-hati, karena pengait terbuat dari bahan plastik atau fiber.


3. Buka penutup cangkang lampu.
Penutup cangkang lampu pada motor mio soul terdapat tepat ditengah, dibelakang lampu kendaraan. Biasanya penutup ini berwarna hitam. Teman-teman cukup membukanya dengan menggunakan tangan saja , berlawanan dengan arah jarum jam ( kekiri ).

4. Buka balon lampu
Setelah membuka penutup cangkang lampu berwarna hitam di belakang balon lampu, maka akan terlihat dengan jelas tempat kedudukan balon lampu berada. Kedudukan balon lampu tersebut berwarna perak. Cara membukanya, tekan bagian belakang balon lampu tersebut kemudian putar kekiri atau berlawanan arah jarum jam hingga pengait pada balon lampu berada disela-sela lubang tempat keluarnya pengati. Kemudian tarik keluar.

5. Pasang balon lampu yang telah disediakan sebelumnya
Hati-hati dalam memasang balon tersebut, sebab mudah pecah jika sembarangan dalam memasangnya. Pastikan balon lampu tepat berada ditengah-tengah pada cangkang atau rumah lampu yang telah disediakan oleh pabrik. Tekan perlahan balon lampu tersebut melalui celah yang berada dicangkang kedudukan lampu dan putar searah jarum jam atau kearah kanan.

6. Periksa kabel lampu
Hal ini penting untuk diperiksa, sebab terkadang kabel tanpa disadari tersenggol atau tertarik saat proses pelepasan  balon lampu. Pastikan semua tersambung dengan baik, bersihkan sekitar area lampu jika perlu, agar mencegah kotoran masuk kedalam ruang lampu depan.

7. Tes terlebih dahulu lampu yang dipasang sebelum memasang body tengah

8. Pasang kembali body tengah pada motor mio soul teman-teman.


Itulah cara memasang balon lampu pada motor mio soul dengan cepat dan mudah. Semoga dapat membantu. Terimakasih :)


Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search