-->

Tempat Wisata Terbaik Di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

- Thursday, July 05, 2018
advertise here
advertise here

Tempat Wisata Terbaik Di Manado
Biota laut dari laut Bunaken, Manado, Provinsi Sulawesi Utara
Tentang Manado
Manado merupakan daerah yang terletak di Sulawesi Utara. Kota Manado termasuk kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Kota Makassar di Sulawesi Selatan. Tempat wisatanyapun tak kalah menariknya. Banyak turis Mancanegara datang kedaerah ini. Terutama pariwisata lautnya, yaitu Bunaken. Pengunjung juga dapat melihat binatang yang hampir punah di Sulawesi, seperti anoa, maleo, dan masih banyak lainnya.

Dimana Letak Kota Manado dan Bagaimana Cara Menuju Kesana ?
Manado berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo. Dibatasi oleh pegunungan dan tepi laut yang indah. Berada di ujung atas Pulau Sulawesi. Untuk sampai ke daerah ini, pengunjung dapat menggunakan jalur udara, darat, dan laut. Bila menggunakan jalur udara dari Ibu Kota Negara Indonesia ( Jakarta ), menempuh perjalanan  kurang lebih 3 jam perjalanan. Jika menggunakan jalur darat dari Kota Makassar ( Sulawesi Selatan ) menempuh waktu sekitar 40 jam perjalanan dengan jarak kurang lebih 1.700 km. Sedangkan jika menggunakan jalur laut dari Kota Makassar menghabiskan waktu kurang lebih 1 hari perjalanan. Sesampainya di Kota Manado, teman-teman dapat menginap di berbagai hotel yang banyak terdapat di Kota ini dengan harga yang berfariasi. Teman-teman juga dapat menyewa kendaraan yang diperlukan untuk mengunjungi satu persatu tempat wisata yang diinginkan, atau dapat menyewa jasa pariwisata yang banyak ditawarkan.
Letak Kota Manado Dari Peta Indonesia

Berikut merupakan tempat wisata pilihan terbaik yang ada di Manado, Provinsi  Sulawesi Utara :

1. Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken merupakan tempat wisata di Manado yang paling terkenal. Objek wisata ini dijadikan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 2005. Taman Laut Bunaken sangat kaya dengan biota laut, teman-teman bisa melihat aneka terumbu karang dan ikan dengan warna-warni cantik. Untuk pecinta kegiatan menyelam, snorkeling dan fotografi, maka Bunaken merupakan tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Jika tidak bisa berenang, teman-teman dapat menikmati keindahan tempat wisata bawah air ini dengan menggunakan kapal selam yang telah didesain secara khusus. Dinding kapal berupa kaca transparan sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Tempat wisata Bunaken dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 perjalanan laut, dengan jarak sekitar 6 mil dari pelabuhan Manado. 


2. Pantai Malayang
Ombak di pantai Malayang begitu tenang, membuat pengunjung dapat bermain air bersama keluarga dengan nyaman. Tak dilewatkan juga dengan pemandangan bawah lautnya, teman-teman dapat melakukan snorkeling di pantai ini. Lokasi Pantai Malayang berjarak sekitar 4 kilometer dari kota Manado, membuat pantai Malayang tidak pernah sepi dari pengunjung.

3. Pantai Ratatotok
Pantai Ratatototok merupakan milik penambang emas Newmont. Meskipun begitu, tidak membuat pantai ini menjadi kotor dan tidak terawat. Pemandangan pantai Ratatotok sangat cantik, dengan air yang bersih dan pasir putih yang menawan, membuat siapapun yang datang akan terpukau. Terletak di kecamatan Minahasa Tenggara. Teman-teman dapat menempuh perjalan sekitar 3 jam dari Manado.

4. Pulau Siladen
Keindahan taman laut di Pulau Siladen terlihat pada lokasi yang disebut Siladen 1 dan Siladen 2. Hamparan pasir begitu mendominasi pasir putih ini. Selain merupakan tempat diving, pulau ini juga merupakan salah satu tempat snorkeling yang nyaman bagi siapa saja yang datang berkunjung. Dipulau kecil yang begitu indah ini, banyak sekali berdiri resort-resort mewah yang begitu terjaga dengan rapi, sehingga bila Taman Nasional Bunaken begitu dikenal dengan keindahan bawah lautnya, Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya. Pantai pasir putih Siladen sangat potensial untuk dijadikan sebagai pusat tempat olahraga pantai.

5. Pulau Manado Tua
Pulau Manado Tua merupakan kekhasan sendiri yang tidak dipunyai oleh pulau lain. Pulau Manado Tua Sendiri merupakan daratan yang berbentuk gunung yang berdiri kokoh di atas ketinggian 655 m dari permukaan laut, dan didominasi oleh pepohonan hijau. Uniknya puncak dari pulau bukan merupakan gunung merapi. Tatapi yang lebih menarik lagi adalah di bawah laut terdapat gunung berapi yang masih aktif di kedalaman 150 meter. Selain potensi laut, Pulau Manado Tua  juga memiliki potensi lain seperti hutan lindung, kubur Raja Mokodokettk, Raja Kokodompis, Raja Wulangkalangi, Pantai Raja ( Apeng Datu ) dan masih banyak lainnya. Pulau Manado Tua dapat dicapai dengan kapal motor sekitar 1 jam dengan jarak 10 mil dari Kota Manado.


6. Taman Laut Tumbak
Taman Laut Tumbak secara geografis terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, pengunjung harus melakukan perjalanan selama tiga jam dari Kota Manado untuk mencapai desa Tumbak, sebuah desa yang termasuk dalam wilayah adminitrasi di Kecamatan Posumaen, Minahasa Tenggara. Salah satu hal yang menjadi cirikhas Tumbak dan menjadi berbeda dengan Bunaken adalah pulau-pulau kecil dengan pasir putih. Pemandangannya adalah panorama laut yang mengagumkan yang hanya bisa ditemui ditempat ini. Air laut jernih dengan air Tumbak biru sangat bagus dan indah. Karena dengan kejernihan airnya, membuat hamparan karang yang indah sangat terlihat dipermukaan.

7. Pulau Lembeh
Pulau ini menjadi tempat wisata di Manado yang wajib dikunjungi oleh para pecinta snorkeling dan diving. Memiliki pasir putih dan airnya yang begitu jernih. Teman-teman dapat menyewa perahu untuk berkeliling disekitar pulau, untuk menikmati keindahan alam daerah Pulau Lembeh.

8. Pulau Lihaga.
Pulau Lihaga berpasir putih yang begitu lembut dengan air yafng sangat jernih dan tenang. Pulau ini tergolong masih sangat baru sebagai salah satu tujuan wisata di Manado. Belum banyaknya wisata yang berkunjung kepulau ini, menyebabkan airnya tidak tercemar dan lingkungan masih terjaga dengan baik. Perjalanan menuju Pulau Lihaga dapat di tempuh dengan perjalanan kurang lebih 3 jam, melalui perjalanan darat, dilanjutkan dengan perjalan laut menggunakan transportasi setempat.

9. Danau Tondano
Danau Tondano adalah sebuah danau yang berada di antara dua kabupaten yakni Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawangkoa. Tepatnya di desa Remboken. Berjarak sekitar 30 km dari Kota Manado. Danau Tondano tercatat sebagai danau terluas di Sulawesi Utara. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan setinggi 700 m yang tentu sangat indah dan alami. Bagi teman-teman yang berkunjung kedanau ini, dapat menyewa jasa perahu yang disediakan oleh pengelola sekitar, untuk berkeliling melihat pemandangan yang mempesona di danau Tondano ini.

10. Arung Jeram Sawangan
Sungai Sawangan menjadi salah satu spot untuk melakukan kegiatan arung jeram yang sangat menarik untuk dicoba.  Arus sungai ini cukup deras , sehingga sangat menantang untuk teman-teman coba. Panjang lintasan yang ditempuh sejauh 9 km, dengan bebatuan disepanjang sungai. Kira-kira untuk merasakan sensasi arung jeramnya sekitar 2 ham.

11. Air Terjun Ratahan Telu
Air Terjun Ratahan Telu terletak di Desa Kali, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. Berjarak sekitar 20 km dari Kota Manado. Air terjun ini terletak di dalam hutan dengan suasana sepi, air yang deras, ditambah dengan jembatan bergaya klasik yang dilumuti berwarna hijau, menambah pemandangan di Air Terjun Ratahan Telu sangat menarik untuk dikunjungi.

12. Taman Wisata Tandurusa 
Di Taman Wisata Tandu rusa, teman-teman dapat menikmati tersius dengan lebih leluasa dari dekat, karena binatang ini berada dikandang yang cukup besar menyerupai kehidupan liarnya di alam. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi, terutama bagi pengunjung yang mempunyai anak kecil, agar memberikan edukasi mengenai alam dan binatang.

13. Bukit Kasih Manado
Bukit Kasih terletak sekitar 50 km dari Kota Manado, tepatnya berada di desa Kanonang, Kabupaten Minahasa. Bukit Kasih merupakan bukit belerang yang masih aktif serta suhu yang dingin. Bukit ini disebut bukit kasih karena di situlah orang-orang dari berbagai agama dapat berkumpul dan berdoa sesuai dengan kepercayaan agama masing-masing. Selain itu Bukit Kasih merupakan simbol perdamaian dan kerukunan antar umat beragama. Terbukti dengan adanya 5 rumah ibadah disini.

14. Wisata Kota Bunga Tomohon
Kota Bunga Tomohon merupakan tempat yang sangat indah dengan berbagai jenis serta warna bunga yang beraneka ragam. Kawasan agrowisata Desa Rurukan di Tomohon memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan perkebunan bunga yang ada di luar negeri. Teman-teman bisa menjadi saksi keeksotisannya jika berada di Taman Bunga Tomohon. Letaknya di kaki Gunung Lokon, membuat taman bunga ini sangat indah, dengan latar Gunung Lokon yang menjulang tinggi.

15. Gunung Dua Saudara
 Gunung Duas Saudara terletak di Desa Madidir, Kecamatan Madidir, sekitar 12 km dari pusat Kota Bitung. Gunung ini setinggi 1.351 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sudah tidak aktif, tentu teman-teman dapat mendakinya. Untuk fotografi juga sangat mengesankan, dengan pepohonan hijau dan pemandangan alam yang menarik.

16. Gunung Mahawu
Gunung Mahawu terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara yang menyajikan pemandangan sangat indah. Di Puncak Gunung Mahawu, teman-teman dapat melihat kedalaman kawah dan berjalan mengelilingi pinggir kawah. Untuk berkeliling disekitar kawah pengunjung tidak perlu khawatir, karena jalan yang digunakan oleh pengunjung telah disemen, begitu pula dengan anak tangganya.

17. Jembatan Soekarno 


Catatan :
  • Bersyukurlah dengan nikmat yang Allah SWT berikan.
  • Jadilah pengunjung yang menghormati budaya dan sosial masyarakat setempat.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Ikut menjaga flora dan fauna ditempat wisata.
  • Jagalah kesehatan dan sediakan obat-obatan saat berlibur.
  • Sebarkan foto, tulisan, atau vidio tempatmu pergi berwisata, agar wisata di Indonesia semakin terkenal dunia.

Selamat Berkunjung Ke Sulawesi Utara ( Manado ). Semoga Liburannya Menyenangkan. Terimakasih :)
Advertisement advertise here

1 comments:

avatar

situs agen resmi terpercaya indonesia
Banyak Promo & Bonus Menarik Yang Selalu Menanti Anda
Deposit Hanya Minimal IDR 50.000,- Menangkan Uang Jutaan Rupiah..
Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www.bolavita1.com
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search