-->

Wisata Terbaik Kota Daeng Makassar, Sulawesi Selatan

- Sunday, May 27, 2018
advertise here
advertise here
Wisata Di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Tentang Kota Makassar
Makasar merupakan Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Merupakan kota metropolitan terbesar dikawasan Indonesia Timur. Dengan memiliki luas 199,26 Km, dan jumlah penduduk lebih dari 1,6 jiwa. Kota Makassar termasuk dalam kota terbesar kelima di Indonesia dengan tempat yang sangat strategis sebagai jalur perdagangan. Kota ini juga memiliki berbagai etnis suku yang menetap, seperti suku Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Daerah Sulawesi Selatan juga ikut serta dalam memerdekakan Tanah Air ini dari para penjajah. Tokoh yang sangat terkenal sebagai Pahlawan Nasional yaitu Sultan Hasanuddin.

Dimana Letak Kota Makasar dan Bagaimana Cara Menuju Kesana ?
Kota Makassar berada di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Berbatasan langsung dengan pantai di barat daya pulau Sulawesi. Untuk sampai kedaerah ini dapat menggunakan jalur darat, laut, maupun udara. Jika menggunakan jalur udara, maka perjalanan akan ditempuh selama 1,45 jam dari Ibu Kota Negara Indonesia( Jakarta), dan turun di bandar udara internasional Sultan Hasanudin di Maros. Apabila menggunakan jalur laut dari Jakarta maka perjalanan ditempuh lebih lama, sekitar 2-3 hari. Sedangkan jalur darat dari Kota Palu menempuh jarak sejauh 900 km, selama 21 jam. Dibawah ini merupakan letak Kota Makassar dari peta Indonesia :

setelah mengetahui tentang Kota Makassar dan bagaimana cara menuju kesana, sekarang teman-teman tinggal memilih kawasan wisata yang sangat populer di Kota Daeng ini. Dibawah ini merupakan wisata pilihan terbaik yang ada di Makassar :

1. Pantai Losari
Pantai Losari terletak di barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tempat ini sering dikunjungi sebagai tempat wisata, pada pagi hari, sore, dan malam hari. Jika menjelang senja, pemandangan matahari terbenam (sunset) sangat menarik, dengan latar laut yang luas. Selain menikmati suasana yang indah, teman-teman juga dapat mencicipi makanan cirikhas Makassar, seperti pisang ijo, pallu butung, sop kondro, coto makassar, pisang epe. Untuk sampai ketempat ini membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan darat dari bandara Sultan Hasanuddin.

2. Trans Studio Makassar
Trans Studi Makassar merupakan salah satu taman hiburan indor terbesar di dunia. Berdiri diatas lahan seluas 2,7 hektar. Menyajikan lebih dari 21 wahana hiburan dan permainan dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Studio central, lost city, cartoon city, dan magic corner , beberapa hiburan yang sering dikunjungi. Untuk tiket masuk, berkisar antara Rp. 155.000 pada hari senin sampai jum'at, sedangkan sabtu dan minggu berkisar Rp. 205.000. Teman-teman dapat menempuh perjalanan selama 15 menit dari Kota Makassar agar dapat sampai ke Trans Studio Makassar ini.

3. Benteng Rotterdam
Benteng Rotterdam merupakan salah satu benteng yang paling megah di Makassar. Dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Goa ke-X. Dinding Benteng Rotterdam berdiri setinggi 5 meter, dengan tebal dinding setebal 2 meter. Benteng ini berbentuk segi lima, mirip dengan penyu. Benteng ini mempunyai 5 bastion, yaitu bangunan yang kokoh dan lebih tinggi pada setiap sudut benteng. 

4. Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros. Menempuh waktu 45 menit menggunakan jalur darat dari Kota Makassar. Begitu banyak tempat-tempat yang dapat dikunjungi di Taman Nasional Bantimurung ini, seperti jembatan gantung, kupu-kupu langka, goa, batu kapur yang luas, air terjun, dan masih banyak lagi. Luas Lahan Taman Nasional Bantimurung ini, sekitar 43.000 hektar. Jika berminat juga membeli cindera mata, maka banyak penjual-penjual disekitar taman ini yang menawarkan barang-barang cirikhas Bantimurung. Untuk teman-teman yang takut ketinggalan Shalat Wajib, disediakan juga Mushola bagi teman-teman yang beragama muslim.

5. Malino
Malino merupakan tempat wisata didataran tinggi, menawarkan panorama pegunungan yang indah. Disepanjang perjalanan, teman-teman akan diperlihatkan dengan pemandangan dibukit-bukit yang hijau, ditumbuhi oleh pohon-pohon pinus yang berjajar, perkebunan dan pertanian warga, serta batu gamping yang menjulang tinggi. Terdapat juga beberapa air terjun yang unik di Malino. Berjarak 2 jam dari kota Makassar, atau sekitar 2 jam perjalanan darat menuju Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Goa.

6. Taman Nasional Takabonerate
Taman Nasional Takabonerate terletak dikawasan Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Taman ini begitu unik, dengan terumbu karang tersebar hingga 500 km, hingga banyaknya biota laut yang tersebar didaerah ini. Dijadikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Tentu teman-teman dapat melakukan kegiatan snorkeling yang sangat menawan dengan pemandangan bawah lautnya.

7. Tanjung Bira ( Tanjung Bire )
Tanjung Bira terletak di Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Jarak dari Kota Makassar sekitar 200 km, atau sekitar 3 jam perjalanan darat. Tanjung Bira menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan, berpasir putih yang begitu halus seperti tepung disepanjang pantainya, pemandangan bawah laut, hingga suasana menjelang senja yang sangat menakjubkan.

8. Masjid Raya Makassar
Masjid Raya Makassar dibangun pada tahun 1948 hingga tahun 1949. Masjid ini menjadi kebanggaan warga muslim kota Makassar. Dengan arsitektur yang mempunyai cirikhas yang sangat unik, dan sejarah panjang dalam pembangunan serta perombakannya. Tercatat bahwa Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno pernah menjalankan Shalat Jumat berjamaah di Masjid Raya Makassar ini. Untuk teman-teman yang datang ke Makassar, Cobalah untuk beribadah di Masjid ini, ajak orang-orang terdekat untuk sama-sama beribadah.




9.  Pantai Marina
10. Pantai Baloiya
11. Pantai Timur
12. Pantai Pa'badilang
13. Ke'te Kesu
14. Museum Balla Lompoa
15. Kerajinan Perahu Pinisi
16. Kawasan Adat Ammatoa
17. PPemandian Air Panas Lejja
18. Pantai Samalona
19. Pulau Bulupoloe
20. Benteng Somba Opu

Perkiraan Biaya Selama Berlibur Di Makassar
Jika teman-teman melakukan perjalanan dari Ibu Kota Negara Indonesia ( Jakarta ) menggunakan transportasi udara, berkisar biaya Rp. 1.500.000. Untuk biaya menginap selama kurang lebih satu minggu, menghabiskan dana Rp.700.000. Untuk biaya menikmati seluruh liburan di atas teman-teman persiapkan dana sekitar Rp.500.000. Biaya perjalanan selama di Makasar menghabiskan dana sekitar Rp. 400.0000. Biaya konsumsi dan lain-lain berkisar antara Rp.600.0000. Diperkirakan mengabiskan biaya sekitar Rp. 3.700.000. Perkiraan biaya tersebut dapat diminimalkan oleh masing-masing pengunjung, tentu berdasarkan jarak, lama berlibur, serta konsumsi masing-masing orang.

Catatan :
  • Jadilah pengunjung yang menghormati budaya dan sosial warga setempat.
  • Selalu bersyukur dengan nikmat Allah SWT.
  • Jagalah kebersihan disekitar kita.
  • Ikut melindungi binatang dan tumbuhan ditempat wisata.
  • Jangan merusak fasilitas yang disediakan.
  • Persiapkan fisik dan setamina serta obat-obatan yang diperlukan.
  • Ikut sebarkan informasi, berupa foto, tulisan, atau vidio tempat wisata Indonesia, agar destinasi wisata di Negeri ini menjadi semakin maju.
Selamat Berkunjung Di Sulawesi Selatan ( Makassar ), Semoga Menyenangkan. Terimakasih :)

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search