-->

Tempat Wisata Paling Populer Di Luwuk, Kab. Banggai, Sulawesi Tengah

- Saturday, May 19, 2018
advertise here
advertise here

Tempat Wisata Favorit di Kota Luwuk, Sulawesi Tengah




Tentang Kota Luwuk
Kota ini sering kebanyakan orang menyandingkan dengan Kota Hongkong ke dua, bagaimana tidak, indahnya suasana kota dengan dibatasi oleh laut disebelah timur dan  utaranya serta bukit disepanjang barat kota, serasa ingin berlama-lama di kota ini. Kota luwuk yang mempunyai pasir putih ini memiliki ombak yang sangat tenang, tak jarang para pelancong dari dalam dan luar negri menikmati jernihnya air laut, berenang  dengan dasar laut masih ditumbuhi oleh terumbu karang. Tak cukup puas bersama suasana laut yang begitu indah, anda juga dapat menikmati suasana kota Luwuk pada malam hari dari ketinggian disepanjang jalan kota, berhiasan kelap-kelip lampu warna – warni. 

Dimana Letak Kota Luwuk ?
Kota Luwuk merupakan daerah yang terletak di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia. Berjarak sekitar 570 km dari Kota Palu Ibu Kota Sulawesi Tengah, atau sekitar 15 jam perjalanan darat dan 50 menit perjalanan udara.


Tak sabar datang ke Kota indah ini ? lihat dulu beberapa tempat wisata favorit dan berkesan di Kota luwuk :


1. Air Terjun Piala, Nikmati Air Segar Dari Alam
Air Terjun Piala dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMH) yang dikelola oleh suasta kemudian di jual kepada PLN. Untuk naik ke air terjun ini teman-teman melewati pintu air PLTMH, dari sini sudah dapat terlihat Air Terjun Piala yang berwarna hijau. Terletak dekat dengan Kota Luwuk, hanya menempuh perjalanan selama 15-20 menit menuju ke Kelurahan Hanga-Hanga.



2. Bukit Keles, Suasana Romantis Dari Ketinggian Kota
Tempat favorit yang sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati suasana Kota Luwuk pada malam hari dari ketinggian, dengan ditemani segelas kopi hangat dan tentunya bersama orang terkasih. Banyak spot-spot berfoto yang teman-teman dapat pakai, tentunya menambah kesan romantis bersama pasangan. Jarak tempuh dari Kota Luwuk berkisar 20-30 menit menggunakan transportasi darat.



3.Bukit Teletubies, Bernuansakan Padang Rumput Yang Indah
Pemandangan yang tak kalah eksotisnya bernuansakan dengan padang rumput yang membentang disepanjang perjalanan. Bukit Teletubies ini mempunya panorama yang indah, sejauh mata memandang teman-teman akan melihat keindahan bukit yang bergelombang dengan warna hijau rumput. Waktu tempuh dari Kota Luwuk berkisar 20-30 menit.



5. Pantai Kilo 5, Segelas Kopi Bertemankan Deburan Ombak Pantai
Untuk teman-teman yang suka dengan suasana pantai, Pantai Kilo 5 menjadi tempat favorit pengunjung traveler, untuk menikmati suasana matahari. Banyak tempat-tempat pemberhentian untuk para pengunjung, karna banyak warga sekitar menjual berbagai macam makanan dan minuman serta tempat-tempat beristirahat untuk menikmati pantai Kilo 5. Berjarak 2 km dari Kota Luwuk, atau sekitar 10 menit perjalanan darat.



6. Teluk Lalong, Nikmati Ciptaan Tuhan Di Pagi Hari
Tak puas menikmati matahari terbit dari tempat wisata di Kilo 5, teman-teman dapat menikmati matahari terpit juga dari Teluk lalong. Berada di Timur Kota Luwuk, Teluk Lalong menyajikan panorama pantai yang begitu menawan yang langsung berbatasan dengan Kota Luwuk.



7.Air Terjun Salodik, Air Terjun Bertingkat Yang Unik
Air Terjun Salodik merupan air terjun yang sangat menarik karena ciri khasnya yang bertingkat-tingkat dari ketinggian bukit. Dengan air yang masih sangat Jernih, cocok untuk teman-teman yang ingin mandi air segar ini, serta mengabadikan momen terbaik. Air Terjun Salodik juga masuk dalam perlindungan Cagar Alam, dimana masih banyak terdapat binatang langka yaitu Burung Maleo yang dilindungi. Berjarak sekitar 20 km dari kota luwuk menuju ke utara, atau sekitar 40 menit perjalanan darat.



8.Pulau Dua, Nikmati Keindahan Alam Sekaligus
Ingin berlibur di tempat komplit sekaligus ? ya, teman-teman dapat menikmati keindahan alam yang satu ini yaitu Pulau Dua, menawarkan keindahan bukit, laut, dan keindahan pemandangan bawah laut sekaligus. Tak perlu khawatir dengan medan yang berat, pengunjung akan dibantu dengan jalan anak tangga serta pengaman di sisi sampingnya. Menikmati matahari terbit, disinilah tempatnya, karena tidak akan sama sensasi pada tempat lain. Berjarak 120 Km dari Kota Luwuk, atau sekitar 3,5 jam perjalanan, 3 jam perjalanan darat menuju Desa Pulo 2, serta 30 menit menuju Pulau Dua menggunakan perahu yang beriskan 10 orang.



9.Masjid Agung
Tak lepas berlibur dan menikmati keindahan alam Wisata di Kota Luwuk, alangkah baiknya singgah terlebih dahulu di rumah Allah SWT untuk menunaikan shalat berjamaah. Terletak di Tengah Kota Luwuk, dan merupakan Masjid terbesar dikawasan ini.



Berapa Perkiraan Biaya Berlibur di Kota Luwuk, Sulawesi Tengah ?

Tempat
Lama (Hari)
Biaya (Rp)
Keterangan
Bukit Keles
1
25.000

Bukit Teletubies
10.000

Teluk Lalong
-

Pantai Kilo 5
-

Air Terjun Piala
2
10.000

Air Terjun Salodik
10.000

Pulau Dua
1
350.000
Termasuk uang pejalanan(perahu)
Masjid Agung
-
-
-
Transportasi
-
500.0000
Pesawat dari Kota Palu
Tempat Tinggal
5
250.000

Konsumsi
5
150.000

Lain-Lain
-
200.000

Jumlah
5
1.600.000
Perkiraan
Keterangan :
Setiap orang mempunyai perkiraan biaya masing-masing, kalkulasi pengeluaran di atas hanya sebatas perkiraan penulis. Banyak faktor yang mempengaruhi, misalnya konsumsi, lama liburan, serta jarak tempuh pengunjung menuju Kota Luwuk.


Catatan 
  • Hormatilah warga dan budaya sekitar
  • Selalu menjaga kebersihan dan jangan membunuh atau menyakiti binatang serta tumbuhan sekitar
  • Selalu membawa persiapan obat yang dibutuhkan


Selamat Menikmati Berlibur Di Kota Luwuk. Terimakasih :)






Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search