-->

15 Tempat Wisata Terbaik Di Palu dan Sekitarnya, Sulawesi Tengah, Indonesia

- Saturday, May 19, 2018
advertise here
advertise here

Tempat Wisata di Daerah Palu, Sulawesi Tengah



Tentang Kota Palu 
Kota Palu merupakan daerah yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Merupakan daerah yang secara geografis dikelilingi oleh laut pada bagian utara sampai timur, serta perbukitan disepanjang barat sampai selatannya. Secara Sosial budaya Kota Palu di tempati oleh barbagai suku, seperti suku Kaili yang merupakan suku terbanyak, Kulawi, Pamona, Banggai, Bugis, dan Tionghoa. Kota yang sempat menggegerkan di berbagai media sosial karena Wakil Kota yang menjabat merupakan penyayi tersohor dijagat hiburan Pasya Ungu, pernah dijadikan tempat paling strategis saat menyaksikan Gerhana Matahari Total tahun 2016, hingga didirikannya monumen peringatan disepanjang Pantai Anjungan.

Dimana Letak Kota Palu dan Bagaimana  Menuju Kesana ?
Kota Palu terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia, mengikuti waktu Indonesia bagian tengah ( WITA) dan merupakan daerah yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Secara adminitratif Kota Palu berjarak 909 km dari pusat kota paling maju di Sulawesi yaitu Makasar. Teman-teman dapat menggunakan perjalanan darat sekitar 22 jam dan perjalanan udara 1,45 jam. Di bawah ini merupakan jarak dan gambar Kota Palu dari Peta Indonesia :



Nah setelah teman-teman mengetahui sekilas tentang Kota Palu dan bagaimana cara menuju kesana, sekarang tinggal memilih tempat wisata terbaik yang berada di Kota Palu dan sekitarnya di temani oleh warga setempat dan pemandangan alam yang tiada duanya. Berikut meruapan tempat wisata pilihan yang paling banyak di datangi oleh para traveler dari dalam Negri maupun Mancanegara :


1. Pantai Talise, Pemandangan Laut yang Menenangkan
Banyak pengunjung datang kepantai Talise untuk menikmati suasana ombak di sore dan pagi hari di temani oleh indahnya sinar matahari bertemankan segelas minuman membuat suasan semakin romantis. Tak perlu khawatir, karna disepanjang Pantai Talise banyak warga setempat yang berjualan berbagai makanan untuk para pengunjung. Pantai ini membentang sepanjang Kota Palu sampai Kab. Donggala, terletak 1,5 km sebelah utara Kota Palu. Untuk biaya masuk di Pantai Talise geratis, teman-teman hanya akan di kenakan biaya parkir antara 3 rb sampai 5 rb rupiah.

















2. Jembatan Kuning, Tempat Berbagai Shooting Film Nusantara Seperti Kaili dan Masih Banyak Lainnya.
Jembatan Kuning sering dikenal dengan nama jembatan IV atau jembatan Ponulele membentang di atas Teluk Talise yang menghubungkan antara Palu Timur dan Palu Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama yang berada di Indonesia, diresmikan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada Mei 2016. Tidak hanya siang teman-teman dapat menyaksikan kemewahan jembatan IV yang terletak di Kota Palu ini, pada malam hari juga pemandangan yang memanjakan mata para pengunjung karena sorot lampu di sepanjang jembatan yang berwarna warni. Untuk biaya pengunjung geratis, teman-teman hanya akan dikenakan biaya parkir seperti di Pantai Talise.






 









3. Gunung Gawalise, Berkemah dan Menikmati Kota Palu Dari Ketinggian
Jika teman-teman suka mendaki gunung, di daerah Sekitar Kota Palu menyediakan tempat pendakian untuk menikmati pemandangan Kota Palu dimalam hari dan matahari terbit pagi hari yaitu Gunung Gawalise.Pengunjung dapat meinikmati perjalanan menuju punjak Gawalise dengan medan yang tidak terlalu berat, serta berkemah dipunjak gunung dengan ketinggian 2023 Mdpl. Gunung Gawalise terletak di Barat Kota Palu, sekitar 10 menit perjalanan darat.

















4. Gong dan Tugu Perdamaian, Berbagai Suku dan Etnis Agama Harus Saling Menghormati dan Menghargai.
Gong perdamian di Kota Palu merupakan Gong Perdamaian ke empat yang berada di Indonesia. Gong perdamaian tersebut diprakarsai agar seluruh umat beragama harus saling menghargai satu sama lain, baik berbeda suku maupun budaya. Gong seberat lebih dari 100 km ini, pada lingkaran luar terdapat 444 logo serta nama Kabupaten dan Kota di Indeonesia. Sementara dilingkaran dalan terdapat 33 nama dan logo Provinsi di Tanah Air. Gong perdamaian tersebut di pasang di Bukit Tondo Kota Palu, di tempat itu juga dibangun Tugu Perdamaian"Nosarara Nosabatutu" yang artinya bersama kita satu. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sekitar 8 rb-15 rb perorang, tergantung hari-hari tertentu.

















5. Anjungan Nusantara, Berfoto Dengan Latar Tulisan,Buktikan Teman-Teman Pernah Ke Palu
Anjungan Nusantara terletak tepat di depan patung kuda Kota Palu sepanjang Pantai Talise dengan tulisan Anjungan Nusantara yang cukup besar serta sorot lampu, yang berada di sebelah utaranya. Jika Sore dan malam hari, banyak komunitas-komunitas sepatu roda dan skateboard yang berlatih sembari beraksi. Para pengunjung hanya akan dikenakan biaya tarif untuk parkir sekitar 3 rb sampai 5 rb rupiah.





6. Masjid Terapung, Ingatlah Sholat Meskipun Sedang Berlibur
Sunggung Indah rumah Allah ini, berdiri kokoh di atas debir ombak laut di Kota Palu serta cahaya menawan dikubahnya, menambah kesan religi yang begitu kental di daerah ini. Singgahlah untuk mendirikan Shalat berjamaah bersama warga sekitar, dengan nuansa tiada duanya. Bagi teman-teman yang non muslim, bisa dapat mengabadikan momen di luar masjid terapung. Terletak di sebelah barat Jembatan Kuning.

















7. Pantai Taipa, Pesona Alam di Temani Dermaga Tua.
Pantai Taipa yang berjarak sekitar 20 km dari Kota Palu atau sekitar 30 menit perjalanan darat memiliki pesona alam pasir putih dan ombak tenang, menambah suasana yang begitu sejuk. Di tempat ini juga terdapat dermaga kapal yang masih digunakan hingga saat ini, serta kolam pemandian air tawar yang dapat teman-teman gunakan bersama keluarga. Untuk biaya masuk kedalam lokasi Pantai Taipa berkisar kurang lebih 10 rb rupiah, begitupun biaya masuk kedalam kolam pemandian air tawarnya.





8. Kilometer 11 (Kebun Kopi), Lakukan Hal Yang Tidak Biasa
Merupakan tempat wisata terbaru yang banyak pengunjung dari berbagai daerah menuju tempat yang satu ini. Tempat wisata Kilometer 11 menyajikan berbagai tempat spot foto seperti ayunan diketinggian dan papan bertema diketinggian yang menguji adrenalin para pengunjung serta tak kalah serunya dengan wahana flyingfoxnya. Terletak di Toboli, Kec. Parigi Utara, Kab. Parigi Sulawesi Tengah, dengan jarak dari Kota Palu sekitar 59 km atau  1,30 jam berjalanan darat. Perjalan yang sedikit melelahkan akan terbayar dengan suasan perbukitan yang hijau dan hasil foto yang tiada duanya. Untuk biaya masuk teman-teman hanya perlu menyiapkan uang 5 rb-10 rb perpengunjung.


















9. Cagar Alam Lorelindu, Suasana Megalitikum Yang Masih Asli
Cagar Alam Lorelindu mempunya banyak pesona alam yang harus teman-teman kunjungi, seperti patung-patung Megalitikum yang masih tertata, danau untuk berkemah maupun menikmati airnya, fauna endemik langka yang masih terjaga, serta suasan alam yang masih asri. Selain berfotoria, teman-teman dapat menikmati alamnya sekaligus belajar bagaimana kehidupan masa lalu dan melihat kehidupan fauna flaura langka endemik Sulawesi Tengah. Terletak di Selatan Kota Palu,  berjarak sekitar 60 km.


















10. Pantai Tanjung Karang, Jernihnya Air tiada dua
Teman-teman yang hobi diving, Pantai Tanjung karang sangat disarankan untuk dikunjungi, karna jernihnya air laut, ombak yang tenang, serta pemandangan bawah laut yang masih arsri. Banyak fasilitas yang disediakan penduduk setempat, seprti alat snorkeling, perahu, ban karet, tempat makan, tempat untuk menginap, dengan harga yang berfariasi. Pantai Tanjung karang terletak di Donggala, Sulawesi Tengah, jarak tempuh dari Kota Palu sekitar 1,20 jam perjalanan darat.
















11. Pulau Pasoso, Snorkeling Bertemu Dengan Penyu Hijau
Belum pernah bertemu dengan penyu hijau ? ya, teman-teman dapat langsung berenang bersama penyu hijau di Pulau Pasoso ini. Tak hanya menikmati suasan bertemu langsung penyu hijau, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Pulau Pasoso terletak di Kab. Donggala, berjarak sekitar 108 km dari Kota Palu.
















12. Rainbow Bridge, Tunjukan Warnamu
Jembatan warna warni ini sering digunakan pengunjung untuk mengabadikan momen, karena berbatasan langsung dengan pantai serta jembatan kuning disebelah baratnya. Pada malam hari pengunjung tak perlu khawatir, karena disediakan lampu menuju jembatan warna-warni ini. berjarak sekitar 1,5 km dari Kota Palu, atau 10 menit perjalanan darat.















13. Sate Mobil, Abadikan Momen Langkah Bersama Orang Terkasih
Yang satu ini merupakan destinasi wisata unik yang berada di Daerah Sulawesi Tengah, tak hanya daging yang dijadikan sate, mobil-mobil bekas pun dibuat sate dengan disusun dan diberikan warna sedemikian rupa. Jarak dari Kota Palu menuju Sate Mobil sekitar 6,9 km, dengan jarak tempuh sekitar 19 menit, menuju arah barat Kota Palu.
















14. Pusat Laut Donggala, Sumur Raksasa Yang Langka
Sulawesi Tengah mempunya sumur raksasa yang sangat jarang ditemui didaerah lain, yang kebanyakan orang sebut sebagai Pusat Laut Donggala. Pusat Laut Donggala berdiameter 10 m, dengan kedalaman sekitar 7 m, dengan diperbolehkannya pengunjung untuk berenang didalam sumur raksasa ini.Jarak Pusat Laut Donggala dari Kota Palu berjarak sekitar 49 km, atau sekitar 1,20 jam perjalanan darat.















15. Hutan Pinus Napu, Sang Hutan Yang Menenangkan Pikiran
Bosan dengan Suasana Kota dan laut, mari kita jalan-jalan sembari menikmati keindahan alam Hutan Pinus Napu. Menghilangkan penat fikiran yang selama ini mengganggu dengan hijaunya dedaunan. Jarak Hutan Pinus Napu dari Kota Palu sekitar 118 km, dengan waktu tempuh 3 jam perjalanan darat.







 










Berapa Perkiraan Biaya Selama Berlibur di Kota Palu ?


Tempat
Lama ( Hari)
Total Biaya ( Rp)
Keterangan
Pantai Talise
1
20.000
Menggunakan kendaraan bermotor
Jembatan Kuning
Anjungan Nusantara
Jembatan Warna
Masjid Terapung
Gunung Gawalise
2
50.000

Gong & Tugu Perdamaian
1
10.000

Pantai Taipa
10.000

Kilometer 11
1
10.000

Cagar Alam Lorelindu
1
20.000

Pantai Tanjung Karang
1
20.000

Pulau Pasoso
1
20.000

Sate Mobil
1
10.000

Pusat Laut Donggala
1
10.000

Hutan Pinus Napu
1
10.000

Transportasi
-
1.300.000
Pesawat dari Makasar & perjalanan selama di Palu
Tempat Tinggal
11
500.000

Konsumsi
12
370.000

Lain-lain
-
200.000

Jumlah
13 Hari
2.420.000
Perkiraan

Keterangan :
Setiap orang mempunyai perkiraan biaya yang berbeda-beda, tergantung berasal dari mana serta lama waktu berkunjung.



Catatan :
  • Jangan lupa bersyukur dengan nikmat yang masih diberikan oleh Allah SWT sehingga kita masih diberi kesempatan menikmati dunia yang diberikan-Nya.
  • Jika teman-teman berkunjung didaerah Wisata Populer di Kota Palu, utamakan kesopanan dengan warga sekitar, buanglah sampah pada tempatnya, dan jangan menyakiti atau membunuh tumbuhan dan hewan disekitar kita.
  • Selalu sediakan obat-obatan yang diperlukan saat berlibur.


Selamat berkunjung di tempat wisata di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Terimakasih :)


Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search