-->

Indahnya Wisata di Toili, Kab. Banggai, Sulawesi Tengah

- Saturday, May 19, 2018
advertise here
advertise here

Wisata di Daerah Toili, Kab. Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah








 





Jarak Kec. Toili dari kota luwuk dan bandara Bubung berkisar antara 95-110 Km atau sekitar 1,5 jam, jarak dengan kota provinsi Sulawesi Tengah ( Palu )sekitar 750 km atau sekitar 17 jam , menggunakan kendaraan darat baik motor maupun mobil.















Berikut kawasan yang dijadikan tempat wisata di Toili, Kab. Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah :

1. Cemara 1000, Pantai Minahaki 
Kawasan yang pertama terletak pada desa Minahaki, merupakan kawasan wisata pantai bernuansakan tumbuhan cemara disepanjang pantai yang sangat indah. Anda dapat menikmati pagi hari dengan segelas kopi hangat bertemankan matahari terbit dari timur. Penduduk yang ramah tamah menyambut anda, berjualan disepanjang pantai dengan aneka jajanan, ikan bakar, jagung bakar dan masih banyak lainnya. Ombak pantai yang tenang, pasir hitam yang masih alami tanpa terumbu karang, menyempurnakan anda beserta keluarga menikmati air yang asri sambil menyelam. Tak hanya itu anda dapat menyewa fasilitas yang disediakan, yaitu ban untuk berenang atau perahu untuk sekedar melihat-lihat kawasan ini, tenda untuk berkemah, kayu bakar dan masih banyak lagi. Jarak pantai minahaki bernuansakan cemara 1000 ini dari pusat daerah Toili ( U.11 ) berjarak sekitar 3 km perjalanan darat, atau 10 menit perjalanan.



2. Bendungan Mentawa
Bendungan mentawa terletak dikecamatan Toili Barat, desa Mentawa. Yang membeuat daerah ini menarik adalah adanya jembatan gantung yang sampai sekarang masih digunakan warga untuk fasilitas penyebrangan, tak hanya itu, di bendungan mentawa anda akan menikmati jernihnya air yang asli dari pegungan dengan berenang bersama teman-teman atau orang yang anda sayangi. Banyak yang mengabadikan momen degan kamera oleh pengunjung dijembatan gantung pada bendungan mentawa tersebut dengan keindahan alam yang hijau. Akses daerah ini dari pusat Toili ( u.11) sekitar 8 km, atau 20 menit perjalanan.















3. Pantai Pandanwangi
Toili terkenal dengan wisata pantainya, salah satunya adalah pantai Pandanwangi yang terletak di Desa Pandanwangi, Kec. Toili Barat. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan nuansa pantai yang indah. Tak perlu kawatir, para pengunjung langsung dapat melihat pantai dari jalan, tinggal memilih lokasi yang paling berkesan, karena disepanjang jalan anda akan melihat banyak warga sekitar membuka usaha warung makan, kafe, musik keluarga, tempat tinggal. Untuk area berenang daerah ini sangat aman, karena ombak yang tenang, fasilitas yang ditawarkanpun berfariasi. Anda dapat menikmati pantai dengan menyewa perahu, ban, pelampung anak dan masih banyak lagi. Jarak dari pusat Toili ( u.11 ) berjarak sekitar 5 km, atau sekitar 10 menit.




 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4. Pantai Moilong
Pantai moilong terletak di desa Moilong, Kec. Moilong. Sama halnya dengan pantai sebelumnya, pantai moilong memiliki ombak yang tenang, pasir hitam, serta pemandangan menikmati matahari terbit yang indah. Tak hanya itu daerah ini juga sebagai perlindungan bagi satwa langkah yang berada di Sulawesi Tengah, yaitu burung maleo. Jarak dari pusat Toili (u.11) sekitar 5 km, atau sekitar 10 menit perjalanan.




5. Spot foto di daerah Toili yang sering dipakai oleh pengunjung :

Bendungan Singkoyo












Persawahan

Bendungan Mansahan












Desa Bukit Jaya (pemenang lomba desa se-Indonesia)










Pantai Tou



Itulah beberapa tempat wisata yang berada di Toili, selamat berkunjung & berlibur.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search