-->

Tempat Wisata Paling Hits di Kota Poso, Sulawesi Tengah

- Sunday, May 20, 2018
advertise here
advertise here

Tempat Wisata Di Daerah Poso














Tentang daerah Poso
Poso merupakan daerah destinasi wisata yang cukup populer di Provinsi Sulawesi tengah, dengan mayoritas penduduk berasal dari Suku Pamona. Menjadi tempat yang ramai karena berada pada posisi yang strategis di tengah-tengah sulawesi tengah, dan menjadi tempat lalu lintas antara Jalan Trans Sulawesi Tengah. Tak lepas dari kerusuhan yang terjadi tahun 1998-2001, kini daerah Poso menjadi Kota yang maju di Sulawesi Tengah.


Dimana Letak Daerah Poso dan Bagaimana Menuju Kesana ?
Kota Poso terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Dilewati oleh garis khatulistiwa bumi dengan suhu panas. Berjarak 215 km dari Kota Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah, atau sekitar 4 jam perjalanan darat. Dari Kota Luwuk berjarak kurang lebih 377 km, atau sekitar 9 jam perjalanan darat. Sedangkan dari Kota Makasar kurang lebih 700 km, atau sekitar 17 Jam perjalanan darat dan 50 menit perjalanan udara. Berikut gambar dan letak posisi Kota Poso di peta :






















Di bawah ini merupakan beberapa pilihan tempat wisata  populer di Poso yang dapat teman-teman kunjungi :

1.Kepulauan Togean, Jernihnya Air Laut Tiada Dua
Bagi teman-teman yang sangat gemar untuk diving ataupun snorkeling Pulau Togean merupakan daerah yang sangat cocok untuk hal itu, laut yang sangat jernih, ribuan ikan yang mendiami terumbu karang, ubur-ubur yang tidak menyengat, manambah pengamalan snorkeling yang menakjubkan. Sebelum pergi kepulau Togean, teman-teman harus pergi terlebih dahulu ke Kota Ampana sekitar 150 km, atau 2,5 jam perjalanan darat dari Kota Poso, lalu melanjutkan perjalanan laut selama 2 jam dengan biaya kurang lebih 500 rb untuk 8 orang.















2. Danau Poso, Terindah dan Terdalam Di Indonesia
Tidak seperti danau kebanyakan, Danau Poso menawarkan suasana yang berbeda, dimana tepi-tepi danau tersebut memiliki warna pasir yang berwarna putih keemasan dengan ayunan ombak jernih seperti di laut. Jika teman-teman beruntung, maka akan menyaksikan secara langsung festival yang di adakan di Danau Poso setiap tahunnya. Terletak di Tentena, Kab. Poso, berjarak sekitar 37 km atau 40 menit perjalanan darat.
















3. Hutan Pinus Napu, Wisata Alam Nan Sejuk
Pinus yang tersusun rapi dengan udara yang masih sangat segar, menangkan setiap siapa saja yang datang di kawasan Hutan Pinus Napu ini. Teman-teman dapat berfoto dengan berlatarkan pinus, serta hanya sekedar bersantai bersama teman-teman. Terletak di Lembah Napu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah dan termasuk kedalam kawasan Cagar Alam Lorelindu.











 



4. Situs Megalit Pokekea, Terasa Berada Di Zaman Batu
Peninggalan-peninggalan purba berupa artefak batu-batu besar, teman-teman dapat langsung menyentuh peninggalan sejarah yang langka ini. Serasa sensasi beradapa pada zaman Megalitikum sunggukan. Terletak di Kec. Lore Tengah, Kab. Poso, Sulawesi Tengah.

















5. Danau Tambing, Berkemah Bersama Orang Terdekat
Masih dalam cakupan Taman Nasional Lore Lindu, Danau Tambing menawarkan keindahan alamnya, dengan air yang masih segar serta terletak di 1.700 Mdpl, banyak digemari oleh pengunjung untuk menghabiskan waktu bertenda bersama teman-teman. Terletak di Kec. Lore Utara, Kab. Poso, Sulawesi Tengah.
















6. Air Terjun Saluopa, Mandi Air Yang Masih Alami
Air terjun ini memiliki berberapa tingkat dengan ketinggian sekitar 25 meter. Bagi teman-teman yang ingin sampai ke atas air terjun tidak perlu khawatir, sebab dapat dilalu dengan berjalan kaki, bebatuannya pun tidak terlalu licin. Terletak di Kec. Pamona Utar, Kab. Poso, Sulawesi Tengah. Berjarak 52 km dari kota Poso, atau sekitar 1 jam perjalanan darat.





 










7. Gua Pamona, Misteri Tulang Belulang Manusia
Memiliki lebar sekitar 2 meter, serta panjang hingga 200 meter. Tentunya teman-teman dapat masuk kedalam dengan ditemani pemandu setempat, untuk melihat keindahan bawah bumi ini, tapi jangan terlalu jauh masuk kedalam, karena bisa-bisa oksigen sangat terbatas pada gua, begitu juga dengan penerangan didalamm Gua Pamona tersebut. Memiliki sejuta cerita mistis di Gua Pamona ini, dibuktikan dengan ditemukannya beberapa tulang belulang manusia dan keranda mayat. Terletak di Kec. Pamona Utara, Kab. Poso, dengan jarak sekitar 55 km dari kota poso, atau 45 menit menggunakan perjalanan darat.




8. Pantai Imbo, Indahnya Pemandangan Bawah Laut
Pantai Imbo menjadi tempat wisata populer sejak tahun 2007, karena keindahan alam yang ditawarkannya. Tak lepas dari keindahan alam Pantai Imbo, ternyata masih juga menyimpan kisah misterius asal mula kata Imbo yang di ambilnya tersebut. Tapi teman-teman tidak usah khawatir, karna akan terbayar dengan keindahan laut ini, dan hanya berjarak 5 km dari Kota Poso.






 










9. Pantai Matako, Pasir Putih Yang Berkilau
Pantai Matako mempunya pasir putih serta air yang sangat jernih. Teman-teman dapat menikmati airnya dengan berenang sepuasnya bersama keluarga tercinta. Terletak di Kec.Tojo Barat, Kab. Poso, berjarak 20 km dari Kota Poso, atau 15 Menit perjalanan darat.





 










10. Pantai Toini, Nikamti Hidangan Ditemani Ombak Laut
Pantai Toini terkenal dengan keindahan alamnya, banyak penduduk asli yang mendirikan rumah makan dipinggir pantai, yang tentunya sangat memudahkan para pelancong untuk menjadikannya tempat pemberhentian, baik sekedar beristirahat, maupun menyantap hidangan dengan bertemakan air laut yang jernih. berjarak 7 km ke arah barat dari Kota Poso.




11. Pantai Madele, Jernihnya Air Menembus Terumbu Karang
Pantai yang satu ini masih terasa sangat alami, karena belum banyak tangan-tangan nakal yang mengotorinya. Teman-teman jika berkunjung ke Pantai Madele dapat melakukan snorkeling, melihat-lihat terumbu karang serta beribu ikan cantik. Berjarak sekitar 7 km ke arah timur Kota Poso.



12. Taman Anggrek Bancea, Ikut Menjaga Kelestarian
Merupan  tempat pelestarian tanaman hutan, seperti anggrek hitam dan anggrek bulan. Terletak dipesisir Danau Poso.



catatan :
  • Selalu hormati warga setempat serta menghargai budaya
  • Ikut menjaga hewan dan tumbuhan yang dilindungi
  • Buanglah sampah pada tempatnya

Selamat Berkunjung ke Kota Poso, Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia. Terimakasih :)
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search