-->

Apakah Kita Termasuk Orang Yang Terpelihara Dari Fitnah Dan Azab Kubur ?

- Wednesday, May 30, 2018
advertise here
advertise here

Orang-Orang Yang Terpelihara Dari Fitnah Dan Azab Kubur



Sebagian kaum mukmin yang melakukan amal-amal besar atau tertimpa musibah besar akan terjaga dari fitnah dan azab kubur. Mereka di antaranya adalah :

1. Orang Yang Mati Syahid
An-Nasal meriwayatkan dalam Sunan-nya bahwa seorang  lelaki bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Ya Rasullah mengapa kaum mukmin di uji dalam kubur kecuali mati syahid. Beliau menjawab, "Cukuplah baginya ujian kilatan pedang di kepalanya."

2. Seseorang Yang Gugur Ketika Bertugas Jaga ( sebagai prajurit ) di jalan Allah
Fadhdhalah Ibn Ubaid meriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, bahwa beliau bersabda, "Setiap yang gugur akan selesai amalnya kecuali yang meninggal ketika bertugas jaga di jalan Allah. Amalnya terus tumbuh sampai hari kiamat dan ia akan aman dari fitnah kubur." ( HR. Tirmidzi dan Abu Daud )

3. Seseorang Yang Meninggal Hari Jum'at
Dalam hadits Abdullah Ibn Amru, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, Setiap muslim yang meninggal pada hari Jumat akan dijaga oleh Allah dari fitnah kubur. ( HR. Ahmad dan Tirmidzi )

4. Seseorang Yang Meninggal Karena Sakit Perut
Abdullah Ibn Yasar berkata, Aku pernah duduk bersama Sulaiman Ibn Shard dan Khalid Ibn Urafthah. Mereka menceritakan ada seorang lelaki yang meninggal karena sakit perut. Keduanya ingin menyaksikan jenazahnya. Salah satunya menyatakan kepada yang lain. Bukankah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, Orang yang meninggal karena sakit perut tidak akan di azab di dalam kubur. Yang satunya menjawab, Ya ( HR. An-Nasal dan Tirmidzi )

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search